5 Cara memenangkan Konflik batin

cialis-price.blogspot.com - Dibanyak situasi kehidupan kita, sering sekali kita dihadapkan dengan berbagai hal yang sangat mengejutkan. Hal - hal yang sangat menyakitkan, dan hal - hal yang secara tidak disangka membuat mental kita carut marut tidak karuan. Kejadian itu parahnya seringkali terjadi disaat diri kita secara psikologis berada dalam keadaan stabil atau normal seperti hari - hari yang kita lalui setiap harinya.

Kejadian seperti kehilangan orang atau hal yang kita cintai, kehilangan pekerjaan, Masalah pelik dalam keluarga, Putus cinta, Perceraian, Dikhianati, Ditipu, terasingkan, dll. Yang kesemuanya membuat kita terdesak keluar dari daerah nyaman yang biasa kita huni setiap harinya . Kejadian tersebut Secara instan membuat mental dan akal sehat kita tersudut didalam sebuah ruangan yang gelap pekat, melahap seluruh cahaya kehidupan, memenjara senyuman kita, membuat fokus kita terhadap suatu prioritas menjadi kabur, kehilangan arah, kesulitan mengambil keputusan, stres, depresi, kehilangan kepercayaan diri dan pada kasus ekstrim bisa menyebabkan gejala atau bahkan sampai sakit jiwa.

Sedikit sekali orang yang sadar bahwa masalah psikologis adalah hal yang sangat krusial bagi keberlangsungan kehidupan kita. Kesehatan psikologis adalah awal dari kesehatan jasmani. Dan sebaliknya banyak sekali penyakit kronis yang lahir dari sebuah kondisi psikologis yang tidak sehat. Pemahaman kita akan keadaan psikologis diri kita adalah senjata ampuh dalam mengatasi dan memenangkan konflik atau pertempuran yang terjadi didalam batin kita. Nah ane punya beberapa hal sederhana yang biasanya ane lakukan untuk dapat memenangkannya, semua ane rangkum dalam penjelasan dibawah ini, cekidot gans...


1. Mengurai cerita dan air mata kepada yang Maha Kuasa

Bercerita kepada beberapa orang yang tepat mungkin akan menjadi solusi yang biasanya kita lakukan , dan itu bisa jadi adalah opsi pertama untuk kebanyakan orang. Akan tetapi kita lupa batasan kita sebagai manusia, kita juga lupa kapasitas mereka sebagai manusia, yang tak juga lebih tau keadaan kita melebihi kita sendiri, Apalagi Tuhan. Tiada yang paling memahami dan mengerti diri kita selain Tuhan, Tiada yang akan memberi kita pertolongan dan kedamaian selain Tuhan , Tiada yang Maha berkehendak dengan segala sesuatu yang terjadi didunia ini selain Tuhan. Maka agan jangan pernah ragu sedikitpun untuk bercerita & berkeluh kesah kepada Tuhan, dengan cara bagaimana? dengan beribadah & berdoa.

Kadang kita merasa kondisi kita yang berlumuran dosa adalah alasan utama untuk absen dari anugrah yang Tuhan berikan dalam ibadah & doa yang harusnya kita lakukan. Kita merasa seakan diri kita kotor dan tidak pantas untuk mengadu dan berkeluh kesah kepada Tuhan. Wah sekarang kita coba hapus pola pikir sempit seperti itu , Tuhan sangat menyangi kita dengan segala kekurangan kita melebihi apapun yang pernah kita ketahui. Sekotor dan seberlumuran dosa apapun, Tuhan akan selalu mendengarkan. Mari rendahkan dan buka hati kita, mulai bercerita dan mengurai air mata dihadapan-Nya dalam kesadaran bahwa kita adalah mahluk-Nya yang lemah yang tak berdaya tanpa seizin dan kehendak-Nya. Jika kita melakukannya dengan sungguh - sungguh niscaya ini adalah kunci untuk mencapai kedamaian dan kestabilan psikologis atau kejiwaan kita.


2. Mulailah menahkodai jiwa yang tersesat diluasnya samudra.

Ane mengutip salah satu puisi terkenal karya "william ernest henley " berjudul "Invictus"

Out of the night that cover me

Black as the pit from pole to pole

I thank whatever Gods maybe

For my unconquerable soul


In the fell of clutch circumstance

I have not winced nor cried alot

Under bludgeoning of chance

My head was bloody but unbow

Beyond this place..

Of wrath..

And Tears..


Loom but the horror of the shade

And yet the menace of years..

Finds and shall find me unafraid

It matters not how srait the gate

How charged with punishment the scroll..


Iam the master of my fate..

Iam the captain of my soul...

Puisi ini menjadi sumber inspirasi salah satu tokoh Perdamaian dunia , "Nelson mandela" ia berhasil menahkodai jiwanya dalam melewati kelamnya 27 tahun didalam penjara dengan sedikit sekali harapan. Tersiksa secara fisik dan mental, berlumuran darah dan air mata namun tanpa sedikitpun kehilangan kebaikan jiwanya, tanpa kehilangan arah dan cita - citanya dalam memperjuangkan kaum dan bangsanya.

Cuplikan kisah nelson mandela dalam sebuah komik pendek : 






gambar error gan... baca langsung di forum aja hehehe..

Dalam puisi ini diceritakan betapa kita seharusnya punya kendali penuh atas diri kita dan segala yang terjadi dalam pikiran kita. Sejenuh apapun , kelamnya , pahitnya, menyakitkannya berbagai hal yang terjadi dengan hidup kita, Jiwa dan pikiran kita adalah sepenuhnya milik kita.

Ungkapan bosan, jenuh, dendam, kesal, kecewa, sedih, marah, dan sebagainya adalah manisfestasi dari hilangnya kendali atau kontrol agan atas jiwa dan pikiran agan. Itu adalah produk dari betapa kompleks dan menakjubkannya pikiran manusia, semua adalah milik agan percayalah agan semua bisa mengendalikannya . Seperti dalam bait terakhir dalam puisi tersebut, "I am the master of my fate" , "I'm the captain of my soul". Aku adalah pemilik dari Takdir ku sendiri, aku adalah kapten dari jiwa ku. Maka nahkodai dan pimpinlah bahtera jiwa dan pikiran agan agar tidak tersesat dalam gelapnya badai di tengah samudra.


3. Bahagia & tercukupi dengan Bersyukur

 

Berhenti sejenak dari rutinitas harian, luangkan beberapa detik untuk menikmati segarnya udara yang terhirup dan hangatnya CO2 yang terhembus. Rasakan degup jantung yang berdegup seirama dengan gerak langkah perasaan kita, Darah yang mengalir mengisi setiap sel pembentuk kehidupan dalam tubuh kita. Rasakan...

Begitu banyak keajaiban dalam tubuh kita, begitu banyak hal hebat yang kita miliki, begitu banyak hal menakjubkan terjadi bahkan hanya dalam ruang lingkup tubuh kita saja. Buruknya Manusia memang sudah terlahir dengan nafsu dan keinginan yang takan pernah terpuaskan. Itu yang menjadikan kita hebat sekaligus rapuh. Hebat dalam mengupayakan berbagai kepuasan yang kita inginkan tercapai. Namun kita lemah dalam mengendalikannya, membuat kita hancur lebur dalam sebuah hasrat berlebih dan tak bertepi.

Apa yang kita punyai adalah juga apa yang tidak kita punyai. Bersyukur dan puas tidak hanya kepada hal yang kita miliki tetapi juga hal yang kita tidak miliki. Dengan menekan Hasrat berlebih yang mengacu kepada kesadaran akan kecukupan & kesederhanaan arti sebuah kebahagiaan. Dari titik sekecil dan sesederhana apapun yang kita miliki, dan sebesar apapun yang tidak kita miliki.

Tanpa Hasrat berlebih, rasa syukur mengaliri jiwa yang kering dengan kedamaian dan kebahagian. Membuat berbagai kemungkinan baik tumbuh didalamnya. Meringankan beban dan langkah kita dalam melapisi mimpi dan harapan kita untuk berpacu mencapai masa depan. Melenyapkan berbagai kegelisahan yang sama sekali tidak kita perlukan. Pada akhirnya jiwa kita akan sehat dan ternutrisi tanpa kegelisahan yang membuat kreatifitas dan produktifitas kita bebas melesat tanpa beban. Bersyukur untuk menaikan skala kebahagiaan kita kedalam tahap sesederhana apapun yang kita pikirkan sebagai sebuah kebahagiaan, bukan apa yang kita lihat dari orang lain sebagai sebuah kebahagiaan. Mulai menata pola pikir kita untuk senantiasa menyadari setiap aspek kenikmatan yang Tuhan berikan. Tutup mata agan dengan damai,Tarik nafas agan dalam - dalam, tahan beberapa saat, lalu hembuskan perlahan dari mulut. Lalu agan ucapkan,

"Tuhan, Sungguh hidupku begitu Menakjubkan. Terima kasih telah memberiku sebuah peran dari skenario terindah-Mu".


4. Mengalirkan, menerima dan mengikhlaskan.

Di saat masalah dan problematika kehidupan datang berhamburan. Terkadang kita akan terlalu takut dan kebingungan untuk melakukan hal yang benar. Takut untuk mengambil berbagai keputusan besar yang baik untuk kehidupan. Dada akan terasa sesak untuk melayani berbagai kenyataan. Lidah yang sudah terlalu kelu untuk menyatakan kekecewaan. Hati yang tercabik - cabik & takut untuk merasakan hal - hal yang baru. Dan tangan yang sudah terlalu sibuk menghapus air mata yang lama terbendung oleh ketegaran semu. Bagaimana cara kita melawan tekanan sebanyak itu.

Pernahkan agan berpikir jika membendung sungai yang deras akan sangat menyulitkan, sekuat apapun rangkaian beton dan baja yang menahannya, suatu saat semua akan hancur seiring berjalannya waktu dan debit air yang tak menentu naik karena hujan. Biarkanlah sungai itu mengalir dan menghidupi berbagai kehidupan disekitarnya, sepekat dan sehitam apapun warna sungai karena terpolusi oleh berbagai efek negatif yang timbul dalam kehidupan . Ketika kita tidak lagi menahannya dan lebih berusaha mengalirkan semua beban, semua rasa sakit beserta seluruh ketakutan dan tekanan didalamnya, aliran sungai akan kembali jernih seperti seharusnya. Dengan agan mampu menerima dan meresapi berbagai hal paling menyakitkan yang berkecamuk dalam pikiran agan, semua akan mengalir damai mengarah kepada sebuah muara yang didalamnya agan akan menemukan hal yang paling indah bersinar, hangat menyentuh relung terdalam kedamaian jiwa agan. Membuat agan berdamai dengan semua tekanan dan rasa sakit yang menyerubungi jiwa agan. Bahkan agan bersenda gurau dengan semua kekecewaan, tekanan dan rasa sakit tersebut sambil berkata " Hai, terima kasih sudah berkunjung. Memberikan pemahaman mendalam tentang kehidupan, Menaikan kelas jiwaku dan mengenalkanku kepada indahnya arti sebuah Keikhlasan."


5. Berbagi kebahagian menumbuhkan kebahagiaan

Seringkali kita berpikir jika kedamaian dan kebahagiaan itu datangnya hanya dari apa yang kita rasakan secara pribadi. Kita tidak menyadari bahwa begitu banyak kebahagiaan justru dipicu oleh kebahagiaan orang lain yang juga kita rasakan. Bahkan kebahagiaan yang tercipta dari kebahagiaan orang lain terkadang jauh lebih kuat terasa pengaruhnya terhadap kebahagiaan pribadi kita.

Manusia dianugrahi rasa yang bernama empati dan empati ini adalah hal terkuat yang membuat interaksi manusia dengan manusia lainnya lebih konstruktif selama kita bisa mengarahkannya dengan baik. Ikut terjun secara emosional dan turut merasakan apa yang juga orang lain rasakan dengan koneksi kuat alam bawah sadar kita. Membuat kebahagiaan yang terpicu dari kebagiaan orang lain menjadi sangat mungkin terjadi walau kita jarang menyadarinya. Pernahkah agan secara spontan tertawa karena melihat teman atau orang lain tertawa. Atau menangis ketika teman atau orang lain menangis. Itu adalah buah dari sebuah koneksi alam bawah sadar yang bernama empati.

Berbagi kebahagiaan bisa menjadi obat paling mujarab dalam mengusir segala hal negatif yang menghinggapi relung hati. Ketika hidup begitu memenjara tawa dan senyuman, ketika beban pikiran melebihi kapasitas kita dalam menganalisa suatu permasalahan, ketika motivasi terganti dengan sebuah depresi hebat. Tentunya ketika semua hal negatif tersebut menyeruak dari dalam pikiran, jangankan keinginan untuk berbagi kebahagiaan, untuk mau memikirkannya saja sudah sulit. Padahal jika kita mau mengalihkan semua hal negatif yang membebani jiwa dan pikiran kita itu dengan sebuah tindakan kecil dalam membagi kebahagiaan kita untuk orang lain, tanpa disadari itu akan menjadi sebuah solusi utama dari sebuah permasalahan.

Mungkin agan tidak menyadari namun efeknya sangat luar biasa. Tidak harus besar dan jauh. Mulailah dari orang terdekat agan , tidak juga harus secara materil. Berbagi kebahagiaan yang ane maksud sifatnya luas mulailah dengan berbagai hal kecil yang bisa agan lakukan. Seperti : memberikan senyuman ikhlas kepada orang lain walapun hati kita sedang sangat pilu, mendengarkan dan memberikan solusi kepada permasalahan teman sembari menghiburnya walaupun kita sendiri sedang dirundung masalah pelik kehidupan, memberikan apa yang kita miliki kepada orang lain yang lebih membutuhkan walaupun itu adalah hal terakhir yang kita miliki. Kita tidak pernah menyadari hal - hal kecil seperti itulah yang menjadi jawaban atau solusi dari berbagai masalah yang kita hadapi.

Dengan bisa melihat senyuman kelegaan atau tawa bahagia mereka, empati kita akan secara cepat menularkan kebahagiaan mereka ,meresap masuk dan melawan berbagai hal negatif yang bersemayam di pikiran dan jiwa kita. Menggantikannya dengan sebuah senyum dan tawa dengan skala yang lebih kuat. Lalu dikalikan dengan kepuasan batin dari berbuat baik yang merupakan bentuk persetujuan jiwa kita terhadap hal mulia yang kita lakukan . Hati terasa lega dan langkah terasa ringan . Menjadikan kita ingin terus melakukan kebaikan itu berulang - ulang. Begitu lega, begitu damai dan begitu membahagiakan. Sungguh perasaan dan kepuasan yang tidak terbayangkan.

Sekian dan mohon maaf bila ada kata atau kalimat yang tidak berkenan. Semua konten yang ane tulis diatas murni pengalaman pribadi dan berdasarkan cerita pengalaman teman - teman ane, Semoga bermanfaat .

 

Cukup dengan agan semua bisa dapet sesuatu dari tulisan ini, Ane sudah sangat bersyukur


Sumur gan : kaskus,co,id/thread/540d299012e25775498b456f/5-cara-memenangkan-konflik-dalam-diri

jalan kaki ajah, gak terlalu jauh kok 

0 Komentar untuk "5 Cara memenangkan Konflik batin"

Back To Top